Sunday, 5 May 2019

5 Strategi Mengajar Listening Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Halo kawan-kawan semua :)
Setelah sekian lama penulis membahas tentang 3 Tips Sukses Mengajar Bahasa Inggris, penulis mau berbagi informasi lebih jauh tentang listening nih kawan.
"Seberapa penting sih skill listening dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia?"
"Gimana caranya supaya murid bisa mengerjakan soal listening Bahasa Inggris dengan baik?"
Nah, before we go deeper to the tips, better we know what 'listening' really is.

Pengertian Listening
Listening adalah salah satu kemampuan/skill dalam pembelajaran Bahasa yang bertujuan untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami suatu percakapan (conversation), lagu (song), drama, film (movie) melalui media audio dan video.

Listening dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia
Listening menjadi salah satu kemampuan/skill yang penting banget untuk dimiliki oleh para pelajar di Indonesia karena pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam UN Bahasa Inggris.

Jika kalian adalah seorang guru, pernahkah kalian mendengar keluhan murid kalian?
"Miss, kok bagian listening susah banget sih?"
"Sir, kayaknya listening aku nilainya hancur deh.."
"Ma'am, aku pasrah sama bagian listening.. Conversation nya susah banget"
Apa yang harus kalian lakukan untuk memecahkan masalah ini? Just be silent and let the score surprises them?

WRONG!

Dear teachers, you all can provide tips and strategies. Never let your students do the same mistakes. Never let the students blame the conversation, audio, video, and so on and so forth. Dalam pelajaran Bahasa Inggris, kita memiliki 3 kesempatan untuk memutar video/audio untuk listening kan? Gunakan 3 kesempatan itu dengan sebaik mungkin yes! Yuk, kita baca perlahan 5 strategi berikut ini:

1. Listen! 
Ask the students to only listen to the audio or watch the video, WITHOUT doing anything. Pada listening di kesempatan pertama ini, siswa harus paham dulu garis besar/idea dari pembicaraan dalam audio dan video yang diputarkan. Don't let them do listen and write at the same time. Students kalian belum bisa multitasking :) Jadi, biarlah mereka mendengar terlebih dahulu tanpa melakukan aktivitas catat-mencatat.

2. Take Notes!
Nah setelah listening 1 selesai, kalian boleh ajak para siswa untuk take notes tentang idea/garis besar/keywords yang mereka dengarkan dan pahami dari video tersebut. Berilah mereka waktu sekitar 2-3 menit untuk mencatat. Kemudian, ask the students to skim the listening questions provided. Skim only, answer later!

3. Listen!
Setelah selesai taking notes, kalian bisa mengajak para siswa untuk melakukan listening kesempatan kedua. Dalam tahap ini, students listen for specific information secara detail. Mereka boleh mencatat informasi tersebut pada kertas notes di listening 1.

4. Answer!
Setelah listening 2 selesai, ask the students to answer the questions for around 5 minutes. Kalau bisa mengerjakan sampai selesai, it'll be better. Kalau masih ada yang belum terjawab, mereka masih bisa menjawab nya pada listening 3.

5. Check!
It's time for checking and completing what they haven't got. Kalian bisa memutarkan listening 3 ini setelah 5 menit berlalu yah kawan. Gunannya agar para siswa bisa mengoreksi pekerjaan serta melengkapi jawaban mereka.

Baca Juga: 4 Tips Mengajar Bahasa Inggris yang Menarik untuk SMP dan SMA

Nah, setelah menerapkan 5 tips diatas, kalian bisa melihat perkembangan para siswa di kelas. Apakah banyak dari mereka yang masih 'kepusingan' belajar listening atau banyak dari mereka yang nilainya lebih baik dan merasa 'terbantu' melalui strategi yang kalian terapkan ini. Jika perkembangan listening siswa menjadi lebih baik, you can reduce the time duration on each strategy. Misalkan: waktu untuk take notes bisa kalian ubah menjadi hanya 2 menit, lalu baru kalian mengajak para siswa untuk do the listening 2. It will be okay, guys! The more you apply these strategies, the faster you see the students' development. Give it a try and share your experience in the comment box below! :)

No comments:

Post a Comment