Halo kawan-kawan semua! Banyak banget orang-orang yang gagal diterima kerja hanya karena tahapan interview dengan HRD maupun atasan. Penyebabnya sepele banget sih, yaitu komunikasi dan bahasa! Seberapa penting sih teknik berkomunikasi dan penggunaan bahasa bagi orang-orang bahkan para pelamar kerja di Indonesia?
Most of Indonesian underestimate that! Banyak sekali orang Indonesia yang menomorduakan soal teknik berkomunikasi, bahasa, dan juga perilaku ketika mereka berhadapan dengan orang di sekitarnya. Prihatin?
Banget!
Pernah gak sih kalian melihat bagaimana beberapa orang Indonesia ketika berbicara dalam Bahasa Inggris di depan lawan bicaranya?
"Sok kebarat-baratan"
"Sok pinter"
Yang lebih parahnya lagi ada juga yang berkomentar:
"Salah vocab tuh ngomongnya"
"Grammar nya ngaco ah"
Untuk menghindari komentar-komentar tersebut, kali ini penulis mau bahas tentang persiapan-persiapan yang harus kalian ketahui sebelum interview kerja dalam Bahasa Inggris nih. Yuk baca perlahan persiapan-persiapan di bawah ini yah :)
1. Latihan berbicara
Sebelum kalian berhadapan langsung dengan HRD/Interviewer, make sure kalian latihan berbicara dalam bahasa inggris dulu kawan! Terutama untuk kalian yang punya kelemahan dalam berbicara bahasa inggris, persiapan itu penting banget. Latihlah diri kalian untuk berbicara sesuatu secara to the point. Stop going around the bush! Minimal kalian tahu apa pertanyaannya dan apa yang harus dijawab :)
2. Dress Up
"Appearance leaves one's impression"
Sepertinya quote ini betul banget artinya,terutama untuk kalian yang hendak melaksanakan interview kerja. Dress up properly and be comfortable with what you wear! Kalau kalian tipe orang yang gak suka pakai heels or skirt, ya gak perlu dipaksain untuk pakai heels or skirt, lalu untuk kalian yang suka pakai heels and skirt, tetap perhatikan tinggi heels dan panjang skirt yang kalian pakai yah. Jangan sampai penampilan kalian yang terlalu casual atau sexy memecah perhatian si HRD/Interviewer. Kalian harus tetap sopan dan berpakaian rapi.
3. Smile & body language
Gak semua orang bisa ramah dengan gampangnya dengan orang yang baru aja dikenal! Iya sih, itu betul karena pada dasarnya setiap orang punya karakter dan pribadi yang berbeda-beda. Tapi dalam hal interview kerja, sikap ramah dan senyum itu penting banget!
Kelihatannya sih udah cas cis cus nih Inggrisnya, tapiii.. Kalau kalian terlihat angkuh ketika kalian berbicara, siapapun pasti bakal ilfeel dan think twice buat menerima kalian untuk bekerja!
So, cobalah berubah dan lebih banyak tersenyum.. Latihlah diri untuk bersikap ramah sejak dini dan terus menerus. Alhasil, si interviewer akan melihat aura positif dalam diri kalian dan tanpa pikir panjang kalian bisa ketrima kerja deh :)
4. Intonation
Intonasi merupakan salah satu unsur dalam berbicara. Are you a fast or slow talker? Nilailah diri kalian sendiri sebelum kalian latihan berbicara. Intonasi itu penting banget untuk diperhatikan, jangan sampai kalian berbicara terlalu cepat maupun terlalu lambat yah! Intinya selain to the point, kalian harus berbicara dengan intonasi yang netral yah. Gunanya yah agar HRD/Interviewe bisa paham maksud dari jawaban kalian gitu lho. Pusing juga kan menginterview fast and slow talker?
Ya, iyalah.
Setelah membahas 4 poin diatas, penulis bisa menyimpulkan bahwa teknik berkomunikasi, bahasa, dan perilaku itu hal yang sangat krusial dalam interview kerja. Bahkan gak cuma interview aja! Tetapi juga dalam interaksi sehari-hari kita dengan orang lain. Satu hal yang mau digarisbawahi disini adalah, jangan pernah putus asa hanya karena omongan atau judgment dari orang lain.
Biarin aja kita sok pinter..
Biarin aja kita sok kebarat-baratan..
Toh kita juga lagi belajar kan! Dan kita tidak mengganggu mereka yang berkomentar seperti itu.
Slow down, baby! Keep learning everythings you want to achieve (:
Las Vegas - Casinos & hotels Near Casino - Mapyro
ReplyDeleteFind hotels 군포 출장샵 near Casino and other 화성 출장안마 Casino hotels in Las Vegas, NV. In a 안산 출장안마 city that is on the map, and does not have 포항 출장마사지 its own casinos. 의왕 출장안마